Wednesday, October 24, 2012

Fingerstyle Guitar



Fingerstyle Guitar - Hai bloggist!! Sekarang aku mau share lagi tentang gitar. Pasti sebagian dari kalian blum pada tau teknik Fingerstyle kan?? Mungkin juga udah ada yg tau, tapi mayoritas pasti blum tau. Jadi, sekarang aku bakal ngeshare tentang Fingerstyle itu sendiri. Kalo gitu, yuk kita simak yang satu ini ;;)



Fingerstyle Guitar

Di post sebelumnya udah aku kasih tips kan cara mulai main gitar?? nah mungkin di post-post terakihir aku bakal share dulu tentang teknik main gitar, salah satunya yaitu Fingerstyle.


Apa itu Fingerstyle Guitar?

Fingerstyle Guitar adalah suatu teknik bermain gitar dengan cara memetik senar secara langsung dengan ujung jari, kuku,  kombinasi keduanya ataupun dengan alat bantu lainnya. Istilah fingerstyle ini sering dikaitkan dengan fingerpicking sebagai suatu teknik standar gitar klasik yang dimainkan dengan mempergunakan gitar nilon.

Sebagai suatu teknik bermain tersendiri, Fingerstyle bisa juga di artikan sebagai teknik bermain gitar dimana melodi, bass line, harmonisasi pengiring maupun (kadang-kadang) perkusi bisa dimainkan bersamaan hanya dengan satu gitar.

Mungkin belum pernah ada sebelumnya, suatu cara memainkan suatu alat musik yg mendobrak batasan-batasan umum lebih dari fingerstyle. Dengan pendekatan inilah potensi terbesar dari gitar sebagai alat musik bisa dimanfaatkan dimana melodi, bass line dan harmonisasi pengiring bisa dikombinasikan dan dimainkan pada saat bersamaan untuk menciptakan musik yang lengkap, kaya harmonisasi layaknya suatu orkestra. Ditangan-tangan terlatih pemain fingerstyle, gitar bisa dipakai untuk memainkan music layaknya piano—dengan satu kelebihan unik yang tidak dimiliki piano yaitu: portabilitas (mudah dibawa kemanapun).
sumber
 
Siapa sih yang mempopulerkan teknik fingerstyle?
 
Akhir-akhir ini sedang booming gitaris muda yang berbakat bernama Sungha Jung. Pernahkah kalian dengar nama tersebut?? Pastinya, karena beberapa postingan sebelum ini telah membahas Sungha Jung sendiri. Nah, Sungha Jung ini mulai aktif bermain gitar pada awal September tahun 2006 dan sampai sekarang banyak karya-karya hasil komposisi maupun aransemen lagu yang telah ia rilis dalam bentuk video maupun 2 albumnya, yaitu Irony, album keduanya dan juga Perfect Blue, yaitu album debutnya. Ada pun beberapa orang yang mempopulerkan teknik fingerstyle ini, beberapa diantaranya adalah Chester Burton Atkins (Chet Atkins), William Thomas 'Tommy' Emmanuel, Don Ross, Andy Mckee dan Antoine Dufour.


Ini ada beberapa preview lagu fingerstyle. Video kedua itu Sungha Jung. Yang pertama ngecoverin lagu Depapepe yang Kazemidori. Enjoy!! ;)


Gimana?? Makin tertarik kah tentang memperdalam gitar ato malah mencoba bermain gitar?? haha. Buat kalian yang ingin tips mulai main gitar, bisa cek di Tips Bermulai Bermain Gitar. Mungkin segitu dulu aja yg bisa aku share. Maaf kalo ada salah kata, dan trimakasih atas perhatiannya ;;)

-Ahmad Shiddiq N

No comments:

Post a Comment