Monday, October 22, 2012

Tips Cara Bermulai Bermain Gitar





Hai bloggist, kali ini aku mau share nih tips & trik memulai bermain gitar. Tapi sebelum mulai, kita kan harus kenal dulu, dan tau, apa itu gitar, trus sejarah dari gitar, dan jenis-jenis dari gitar itu sendiri. Tapi, lupain deh itu sejarah dan lainnya, ntar aku bakal  post kok tenang aja;) Baik kalo gitu, kita mulai yuk!!


Gitar, alat musik yang paling mudah dimainkan dan dibawa kemana-mana ini adalah salah satu alat musik favorit jaman sekarang ini. Para remaja banyak yang tertarik untuk mempelajari cara bermain gitar. Namun, kebanyakan dari mereka mungkin hanya tau cara “menggenjreng” saja, padahal masih banyak teknin-teknin lain yang lebih bagus, lebih unik dan tentunya lebih menarik untuk dipelajari, contohnya teknik finger-style. Salah satu tekni yang digunakan oleh Sungha Jung dalam memainkan lagu-lagunya. Namun sebelum mengenal lebih dalam tentang teknin dalam bermain gitar, ada beberapa pesan dari mimin ;)


  • Yang pertama, kalian harus tau alesan kalian mulai bermain gitar. Apa karena terpaksa, ato emang keinginan sendiri untuk mencoba suatu hal baru. Cuman biasanya remaja-remaja sekarang lebih memilih untuk mencoba suatu hal baru saja, padahal banyak kandungan seni dan juga keuntungan yang besar dalam bermain gitar. Kalo kalian emang tertarik dengan gitar, coba perdalam, karna masih banyak keuntungan dalam bermain gitar.
  • Yang kedua, cari motivator kalian. Contoh dari aku, yaitu Sungha Jung dan Depapepe. Mereka adalah pemain gitar yang ngebuat aku termotivasi untuk jauh memperdalam wawasan tentang gitar. Kenapa? Coba, emm, pikir, siapa sih fans yang ingin memiliki kemampuan yang mirip dengan sang idola?? Maka dari itu, kita butuh patokan atau motivator. Jadi, siapa motivator mu?? Apakah ayah? Kakak? Jangan-jangan adik?? Ato pacar?? Haha #kidding
  • Yang ketiga, pelajari tahap demi tahap. Jangan langsung main terobos aja gitu. Dimana-mana juga, proses tuh pasti ada. Gaada sesuatu yang tiba-tiba instan jadi/ada/bisa tanpa proses. Mie instan aja harus direbus dulu baru bisa jadi, bener ga? Kalo menurut mimin sih, mulai pelajari chord-chord yang gampang dulu, contohnya chord C, D, E, G, A. Buat chord F sama B, mungkin nanti dulu, itu tingkatannya lebih dikit dari chord yang sebelumnya udah disebutin. Kalo udah kuasain semua chord dasar itu, coba ulik-ulik lagi, soalnya masih banyaaaaaaakkk chord yang ada, so, keep trying! ;)
  • Yang keempat, coba kalian gali sendiri setiap-setiap tentang gitar ato nama lainnya belajar otodidak. Kenapa?? Ya soalnya kan, belajar sendiri itu mempermudah kamu buat belajar dengan gaya kamu sendiri ato Doing it  your own style bahasa kerennya, ato bahasa sehari dalam sekolah mah “Bahasa kalian sendiri”. Itu kan ngemudahin kamu buat lebih ahli dan paham tentang gitar.  Betul tidak?? Haha.
  • Yang kelima, ini. Kalo menurut kalian, kalian udah nguasain teknik-teknik dasarnya, coba belajar lewat online atau video, misalnya teknin Hammer On atau Palm Mute dsb, kalian bisa liat di YouTube ato mungkin belajar dari temen?? Ini sih pilihan aja ya, cuman kalo ga mau ngeluarin biaya buat les, ini cara alternativenya. Tapi kalo kata mimin sih, kalo misalnya kalian punya temen yang les dan kebetulan dia deket sama kita, kalian minta ajarin dia aja, lebih bagus kan?? Dapet pelajaran kayak di tempat les, gurunya temen, dan bebas biaya, wkwk. #abaikan. Cuman bener, cara ngeluarin duit tapi dapet hasil yang setimpal ya dengan les, cuman cala alternativenya ya itu tadi, belajar otodidak ato dari temen/ayah/kakak/sodara.
  • Yang keenam, latihan yang rutin. Kerutinan latihan ngebuat kalian jadi terbiasa sama chord-chord gantung, ato ga kalian jadi biasa swith chord ato perpindahan chord. Buat beberapa lagu, ada yang perpindahan chordnya cepet, jadi misalnya baru ganti ke chord ini, eh taunya udah pindah lagi ke chord lain. Kan repot kalo belum biasa, ya kan?? Makanya, banyak-banyak latihan. Insya Allah, dengan banyak dan rutin latihan, kalian bisa cepet menguasai dasar dari bermain gitar.


Gimana?? Susah ga?? Ato gampang?? Ato jangan-jangan ga di baca lagi??-_- haha. Ya itu mungkin beberapa pesan dari mimin. Dengan membaca dan mempraktekan apa yang mimin udah pesen tadi, kalian udah 1 langkah maju ke dalam dunia gitar loh, haha.  Keep practicing, and keep trying! Ok!? Haha. 

Oh ya pesen terakhir dari mimin, jangan cepet putus asa ya. Gaada samudera tanpa badai, gaada jalan tanpa tanjakan ato turunan. Ga semua jalan lurus. Apa maksudnya?? Ya namanya juga belajar, pasti ada jatuh bangun. Jari-jari kalian pas pertama mulai main pasti akan sakit ato mungkin kelupas. Itu hal yang biasa, jangan peduliin. Trus kalahin ya rasa malas dalam diri kalian. Mungkin 1-2 bulan kalian masih tahan, beberapa bulan berikutnya mungkin udah rada males buat latihan ato ga main gitar itu sendiri. Biasanya malas lah yang ngejatuhin harapan seseorang. Jadi, lawan ya rasa malasnya!!! :D

Mungkin itu aja yang bisa mimin sampein. Maafin ya kalo ada kata yang salah ato nyinggung, mimin bener ga ada maksud buat nyinggung. Untuk kedepannya, semoga postingan ini makin bermanfaat yaa, amiiiinn!!! :)) Trimakasih kalian yang udah baca, semoga bermanfaat, akhir kata mimin ucapin trimakasih, wassalam~

-Ahmad Shiddiq N

No comments:

Post a Comment